1
Latar
belakang
Berkaitan
dengan akan diselenggarakannya liburan 1 wisata yang diadakan oleh staf Bank
Jatim, kami atas nama “Pendopo Joyo Tour & Travel Agen” menawarkan jasa dan
transportasi serta wacana tempat wisata lengkap yang kami tawarkan, sebagai
kelengkapan dalam kegiatan tersebut. sebagai informasi Pendopo Joyo Tour &
Travel Agen berdiri tahun 2011 dan telah melakukan perjalanan wisata yang
diadakan oleh sekolahan, perusahaan, dan instansi lain maupun perorangan.
Adapun tempat wisata yang pernah kami kunjungi dan kami tawarkan diantaranya
Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Bali. Kami tidak banyak mengungkapkan
janji-janji ataupun membanggakan diri kami tetapi biarlah jasa tour &
travel serta cara kerja kami yang membuktikan.
2
Maksud
dan Tujuan
Besar
harapan kami agar tercipta sebuah jalinan kerjasama yang dapat menguntungkan
kedua belah pihak yang mana insyaalah kami siap membantu. Dalam hal pengadaan
jasa, transportasi, hotel, ticketing dll. Untuk kepentingan dan kenyamanan
wisata anda.
3
Aspek
Pasar Dan Pemasaran
Ø Produk & Segmentasi
Usaha jasa ini adalah mengantar penumpang dari daerah
Gresik dan sekitarnya ke tempat tujuan pariwisata yang dituju dengan pelayanan
kami yang lebih baik atau diatas para pesaing. Segmentasi adalah pada
masyarakat menengah ke atas di kota Gresik dan sekitarnya.
Ø Pesaing
Persaingan jenis usaha travel di kawasan kota Gresik
dan sekitarnya cukup banyak. Tetapi diantara para pesaing yang ada, kami
memberikan kualitas dan pelayanan yang maksimal.
4
Visi
dan Misi
Sebagai suatu organisasi bisnis, Pendopo Joyo
Tour dan Travel memiliki visi dan misi sebagai acuan untuk menjalankan fungsi
dan tugasnya agar tujuannya tercapai. Visi merupakan suatu pandangan perusahaan
yang jauh ke depan yaitu kemana organisasi tersebut akan dibawa dan
dikembangkan agar dapat mempertahankan eksistensinya. Sebuah visi dapat menjadi
motivasi suatu organisasi untuk selalu inovatif dan kreatif.
Misi
merupakan rumusan umum yang bersifat lebih luas dan bersifat jangka panjang
mengenai maksud dan sifat dari sebuah organisasi. Misi mengandung filosofi
bisnis, mensyaratkan citra yang ingin dipancarkan serta mencerminkan konsep
diri perusahaan. Misi juga merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan sesuai
dengan visi yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan organisasi.
Adapun visi, misi dan motto dari Pendopo Joyo
dan Travel yang terdapat dalam profil perusahaan adalah sebagai berikut:
Visi
Menjadi
perusahaan tours dan travel yang unggul, maju, dan terpandang di Indonesia
dengan selalu memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui produk dan layanan
yang berkualitas tetapi dengan harga yang terjangkau.
Misi
1. Memberikan layanan yang berkualitas dan
berstandar tinggi berupa kemudahan, kenyamanan dan kecepatan dalam layanan
tours dan travel kepada pelanggan yang terdiri dari mahasiswa atau kampus,
sekolah, perusahaan dan masyarakat agar mereka puas dan loyal kepada perusahaan.
2. Membangun hubungan jangka panjang dengan
pelanggan sebagai salah satu keunggulan bersaing.
5 Data
Perusahaan
Nama : Pendopo Joyo Tours & Travel Agen
Alamat :
Telp. :
Pendopo
Joyo Tours & Travel didirikan pada tahun 2011, pengadaan jasa,
transportasi, wisata, hotel, dan ticketing adalah bisnis utama Pendopo Joyo
Tours & Travel yang dikembangkan dengan menjunjung tinggi tanggungjawab
kerja. Kekecewaan klien adalah hal nomor satu yang kami hindari. Sehingga untuk
setiap langkah yang diambil selalu kami pikirkan secara matang, karena kepuasan
klien menjadi satu-satunya acuan, serta didukung boleh sumber daya yang
kompeten dibidangnya.
6
Aspek
Manajemen
Usaha travel merupakan usaha
menengah ke atas dibidang jasa transportasi. Untuk menunjang keberhasilan usaha
travel ini maka diperlukan struktur organisasi yang jelas dan
bertanggung jawab. Adapun pelaksana bisnis dalam usaha travel adalah
sebagai berikut:
1. Direktur
Utama : AMd. Zus Syarif Ali An
Nauval
2. Manager
Keuangan : Nur Firosah
3. Manager
Marketig : Dwi Agung W.
4. Manager
Humas : Riezky Wahyu Putra S.P.
5. Manager Ticketing : Airrimo Witisna Yuliananta S.T.
Dengan pelaksana bisnis
tersebut diatas diharapkan dapat mengelola sumber daya yang ada untuk mencapai
hasil atau tujuan usaha secara efektif dan efisien. Efektif adalah melakukan
apa saja yang diperlukan untuk mencapai sasaran, sedangkan efisien adalah
melakukan sesuatu dengan cara sebaik mungkin, sehingga sumber daya dapat
digunakan pada tingkat optimum. Dimana pada akhirnya setiap usaha yang
dijalankan tentunya bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan.
7
8
Penutup
Akhirnya tanpa mengurangi rasa
hormat, kami akan sangat berterima kasih. Apabila pihak bapak dapat memberikan
balasan berupa jawaban atas peanwaran yang kami ajukan.
Atas perhatiannya kami ucapkan
banyak terimakasih.
Gresik.
Hormat
Kami Mengetahui,
Dwi
Agung W. Amd, Zus Syarif Ali
AN Nauval
Direktur
Marketing
Direktur Utama